Pentingnya Bela Negara

A. Terorganisasi dengan tertib

mengingat Pemerintah kita memiliki lebih dari lima ppuluh Kementerian dan Lembaga dengan struktur hingga ke daerah, tiga puluh empat pemerintah Provinsi dan Jumlah Pemerintah Kabupaten / Kota sebanyak 515, yang masing-masing dari pemerintah mempunyai struktur organisasi perangkat bervariasi jenis dan tingkatnya sedangkan semua entitas ini adalah Subyek dalam Bela Negara, maka fahamilah bila pergerakan Bela Negara saat ini belum tertib.

namun dengan adanya Sistem Informasi Bela Negara yang berlaku secara nasional, diharapkan akan terjadi standarisasi, dalam semua gerakan program, kegiatan, dan sinkronisasi dengan Rncana Induk Bela Negara yang berada di wantanas.

B. Menjadi gerakan yang masif

Berdasarkan demografis dan geografis NKRI, adanya arus penurunan tingkat nasionalisme, dan kita berkejaran dengan untuk mengembalikan sikap dan perilaku patriotis, maka diharapkan gerakan Bela Negara akan bisa berlangsung dengan masif untuk menjangkau semua lapisan masyarakat Indonesia, dari segala aspek demografis dengan geogradis.

C. Bisa terukur dengan jelas

Jumlah subyek, obyek, jenis program dan kegiatan yang sangat beragam menjadikan Bela Negara sebagai kegiatan yang membutuhkan upaya dan energi yang tinggi untuk pengukuran keberhasilan capaian. Apalagi bila proses evaluasi atau pengukurannya dilakukan secara manual. Dan proses pengukuran atau evaluasi dilakukan secara simultan pada masing masing subyek bahkan sub subyek yang selanjutnya akan diintegrasikan menjadi ukuran secara nasional di Wantanas.